Mengapa dukungan kuat Manchester United terhadap Porto memudar?

Manchester United belum memenangkan satu pun dari 10 pertandingan terakhirnya di kompetisi Eropa dan belum pernah memenangkan satu pun dari lima pertandingan tandang terakhirnya. Namun, setiap pertandingan tandang terjual habis dan Porto kelebihan permintaan untuk pertandingan grup Liga Europa hari Kamis.

Namun, ada beberapa kursi kosong di bagian tandang yang mampu menampung 2.500 penonton karena suporter yang memiliki tiket tidak bisa masuk ke dalam stadion. Alih-alih menghabiskan satu hari di tepi Sungai Douro, 180 penggemar tur resmi klub menghabiskan satu hari di dalam Bandara Manchester sebelum perjalanan dibatalkan.

Kami berbicara dengan beberapa orang yang tertinggal. “Kami bangun pukul 4.30 pagi dan berada di bandara Manchester untuk check-in pada pukul 6 pagi,” kata John Nield, yang bepergian bersama putranya Alex, 17, yang dikenal oleh para penggemar United. Casemiro melihat Alex dalam latihan pramusim di Los Angeles pada bulan Juli dan mendorong kursi roda remaja tersebut ke arah pemain lainnya sehingga Alex dapat menemui mereka.

Tur resmi United, yang dijalankan oleh mitra bernama Sportsbreaks, lebih mahal dibandingkan tur independen, namun menawarkan kenyamanan perjalanan sehari yang hanya membutuhkan satu hari libur. Mereka juga mencakup keamanan dan pengiriman. Pada saat ini, ketika orang masih menikmati matahari Mediterania, penerbangan charter juga sulit didapat.

Meskipun United tidak melakukan perjalanan untuk setiap pertandingan, ada penggemar yang melakukan perjalanan bersama mereka yang sudah bertahun-tahun tidak bermain.

“Semuanya baik-baik saja, meski kami melihat penerbangannya tertunda 15 menit,” kata Nield Snr. “Kami cenderung memesan melalui Sportsbreaks karena mencakup semuanya. Dan, terutama bepergian dengan Alex dan kebutuhan tambahannya, mereka memisahkan segalanya. Itu sebabnya kami menggunakan tur klub resmi. Ada keamanan, semua orang mengenal Alex, dan biasanya itu bagus.

“Akan sulit jika Anda bepergian sendiri pada hari pertandingan, jadi kami mengapresiasi jika ada klub yang melakukan perjalanan. Kami memesan perjalanan ke Bayern tahun lalu, namun penerbangannya terlambat dan kami ketinggalan tim.” permainan. kita kehilangan masa muda.

“Sebelum penerbangan ke Porto, semangatnya tinggi. Kami berada di sebuah restoran Italia. Kami menamakan diri kami “Terminal 2 Bandara Merah”. Kemudian kami diberitahu bahwa ada masalah teknis dengan penerbangan masuk dari Roma. Belum ada yang pernah mendengar tentang maskapai penerbangan yang akan digunakan – AlbaStar.”

Alex dan John Neild (kiri) dan teman-teman di Bandara Manchester (John Neild)

AlbaStar adalah perusahaan charter Spanyol dengan lima pesawat di armadanya. Ulasan online perusahaan ini buruk – skornya hanya 1,8 dari lima di Trustpilot – namun peringkatnya serupa dengan peringkat banyak maskapai penerbangan hemat.

Pada pukul 7.06 pagi, fans yang telah melewati keamanan satu jam sebelumnya menerima pesan dari Sportsbreaks yang berbunyi: “Kami mohon maaf untuk memberitahukan bahwa penerbangan Anda ke Porto telah tertunda secara signifikan karena masalah teknis. Kami yakin bahwa pesawat akan berangkat dari tujuan saat ini – Roma. Namun, ini akan menunda waktu keberangkatan kami. Silakan lanjutkan untuk memeriksa papan penerbangan.”

Dua jam kemudian, penggemar menerima pesan lain.

“Kami bekerja keras dengan maskapai untuk menjadwal ulang penerbangan dari Manchester. Namun, saat ini pukul 09:00, kami belum memiliki informasi mengenai perkiraan waktu penerbangan.”

Pada pukul 09.43, penggemar mendapat kabar lain.

Waktu penerbangan yang dikonfirmasi: 14:30. Waktu kedatangan yang dikonfirmasi: 16:50. Kami tahu ini adalah penundaan yang signifikan terhadap rencana perjalanan Anda dan sebagian besar waktu Anda hari ini dihabiskan di Bandara Manchester. Begitu Anda tiba di Porto, shuttle bus akan membawa Anda ke stadion.”

Para korban diberikan voucher makan dan minum (tanpa alkohol).

Email dari Sportsbreaks juga dikirimkan, meminta maaf dan mengatakan bahwa para penggemar dapat menuntut maskapai tersebut atas penundaan penerbangan berdasarkan hukum UE. Sportsbreaks juga mengatakan bahwa mereka akan “memproses pengembalian dana 50% dari biaya pemesanan Anda. Ini adalah 50% dari biaya perjalanan resmi satu hari sebesar £489, dengan total pengembalian dana sebesar £244,50.”

Pada pukul 13.49, penggemar menerima pesan berikut: “*Pembaruan penting*. Penerbangan AP1641 MAN — OPO. Silakan pergi ke gerbang internal B5. Terima kasih banyak. Istirahat olahraga”.

Fans kemudian dibawa dengan bus ke AlbaStar 737 di bagian terpencil bandara. “Kami menemukan bahwa pukul 15.00 adalah titik batas untuk memulai permainan,” kata Nield. “Kami duduk di pesawat menunggu penerbangan pada pukul 14:45 dan kami mengira itu adalah penerbangan. Setelah jam 3 sore kami diberitahu bahwa mereka kesulitan mendapatkan kursi di luar kendali lalu lintas udara Manchester.”

“Mereka menemukan sebuah pesawat terbang dari Italia,” kata Matthew Ratcliffe, yang sedang membawa putranya yang berusia 12 tahun Eric (alias Cantona) dalam tur Eropa pertamanya. “Seharusnya pesawat itu mendarat pada pukul 13.45 dan berangkat bersama kami pada pukul 14.30. Mereka memberi tahu kami di bandara bahwa penerbangan pukul 15.30 dibatalkan untuk membawa kami ke Porto melalui bea cukai dan naik bus.

“Kami naik ke pesawat pada pukul 14:55 dan menjalani semua pemeriksaan keamanan seperti biasa. Pada pukul 15.20, pilot mengumumkan bahwa kami tidak akan bisa mendapatkan tempat duduk dalam waktu 30 menit hingga pukul 15.45. Berkali-kali mereka memutuskan untuk turun dari pesawat, namun mengambil langkah tersebut berarti kehilangan kursi tunggu, sehingga jika ada yang turun, seluruh perjalanan terhenti.

“Mereka mendapat slot penerbangan, tapi karena cuaca, mereka tidak bisa mendapatkan slot pendaratan di Porto selama 30 menit berikutnya, yang seharusnya lepas landas pada 16:15. Saya menghabiskan lebih dari 9 jam di bandara dan 90 menit di penerbangan reguler.”

Beberapa fans Manchester United tiba di Dragao (Zohaib Alam – MUFC/Manchester United via Getty Images)

Pukul 17.00, “Manchester United” mengirimkan pesan kepada para fans.

“Kami menyesal mendengar kunjungan Anda ke Sportsbreaks.com telah dibatalkan hari ini. Sebagai tanda niat baik, minggu depan kami akan mengirimkan Anda tiket gratis ke pertandingan Liga Eropa UEFA melawan Bodo/Glimt (28 November). Terima kasih seperti biasa atas dukungan Anda yang tiada henti, yang sangat kami hargai – Anda akan tetap diberi kredit untuk game ini.”

Eliot Hawkins berada di pesawat bersama ayahnya.

“Hal yang paling membuat saya frustrasi adalah karena saya adalah anggota dan bukan pemegang tiket musiman, tiket pertandingan (di Inggris) sangat terbatas.” Ada ruang di pesawat ke Portugal untuk Hawkins dan ayahnya. Bukan berarti mereka sampai di sana.

Sportsbreaks mengirim email permintaan maaf segera setelahnya. John dan Alex kembali ke rumah 14 jam kemudian untuk perjalanan sehari ke Bandara Manchester.

Atletis menghubungi AlbaStar untuk memberikan komentar pada hari Kamis dan belum mendapat tanggapan. Atletis Sportsbreaks dihubungi pada Jumat sore ketika kami juga meminta komentar dari Manchester United. Seorang juru bicara klub segera menjawab: “Manchester United sangat menyesal atas kekecewaan para penggemar yang terkena dampaknya.” Mereka akan menerima pengembalian uang penuh dari mitra perjalanan kami Sportsbreaks.com dan akan menerima tiket gratis untuk pertandingan Liga Europa melawan Bodo/Glimt sebagai ucapan terima kasih atas dukungan mereka yang berkelanjutan terhadap klub.”

Kabar pembatalan penerbangan tersiar pada hari Kamis, tetapi banyak penggemar United lainnya yang ingin melakukan perjalanan ke Porto tidak dapat hadir. Dengan lebih sedikit penerbangan langsung ke kota kedua di Portugal dibandingkan Munich, Istanbul atau Kopenhagen, tempat United memainkan pertandingan Eropa musim lalu, koneksi diperlukan dan banyak yang tidak terlaksana.

Andy Valentine melakukan perjalanan dari Manchester sehari sebelum pertandingan.

“Kami meninggalkan Manchester pada hari Selasa dan melanjutkan perjalanan ke Barcelona pada jam 9 malam,” katanya. “Penerbangannya tertunda dan tertunda. Pada jam 1 pagi mereka menaiki kami – butuh waktu satu jam untuk naik. Kemudian mereka menyuruh semua orang untuk kembali ke terminal. Setelah itu tidak ada informasi lagi. Kami tidur di lantai di Manchester.

“Jadi kami terbang ke Barcelona pada pukul 07.30. Kami ketinggalan koneksi ke Porto dan maskapai penerbangan tidak mengirimi kami penerbangan lain. Kami membeli tiket baru seharga €220 (£184; $241) dan tinggal di Barcelona selama sehari. Kami seharusnya terbang pada pukul 21:00. Kami duduk di pesawat selama satu jam ketika mereka memberi tahu kami bahwa kami akan pergi ke Lisbon karena mereka tidak dapat mendarat di Porto. Kabut. Pelatih diatur untuk kami dari Lisbon ke Porto.

“Saat boarding selesai, kapten berkata, ‘Ini penerbangan singkat ke Santiago de Compostela.’ memberi kami 500 euro dan beberapa penggemar lainnya membayarnya. kami tinggal di bandara santiago – malam kedua di lantai.

“Setelah tidur beberapa jam, kami memikirkan cara menuju Porto ketika pesawat lain tiba dari Belfast. Banyak penggemar United yang hadir di sana. Para penggemar itu kembali ke pesawat untuk melanjutkan ke Porto. Kami tidak diizinkan karena kami tidak memesan penerbangan itu sejak awal. Mereka berubah pikiran, mereka mengizinkan kami masuk dan kami terbang 15 menit – kami terbang ke Porto pada jam 7 pada hari pertandingan. Sesampainya di sana, kami tidur dua jam; kami tidur selama tujuh jam dalam tiga malam.

“Apa yang saya pelajari dari seluruh pengalaman ini adalah bahwa lantai beton bandara tidak baik untuk tempat tidur.”

Andre Onana memberikan tepuk tangan kepada fans Manchester United pada pertandingan tersebut (Eric Verhoeven/Socrates/Getty Images)

David Pye, dari Stretford, adalah salah satu dari mereka. “Kami seharusnya terbang dari Manchester ke Porto melalui Paris pada hari Rabu. Segera setelah pintu penerbangan ke Paris ditutup, semua orang menerima pesan bahwa penerbangan dari Paris ke Porto dibatalkan. Maskapai penerbangan memberi kami sebuah hotel di Paris dekat bandara.

Perjalanan pulang Pai juga tertunda dan dia tiba kembali pada hari Sabtu pukul 5 pagi – terlambat lima jam. Panni, penggemar lain yang melakukan perjalanan pulang dan pergi bersama United, tidak meninggalkan Paris dalam perjalanannya. Dia mencoba dan gagal terhubung dengan Porto pada hari pertandingan.

Atletis berbicara dengan banyak penggemar lain yang mengalami penundaan parah dan harus membeli penerbangan baru. Ada yang mencapai Porto, ada pula yang mencapai kota-kota Eropa lainnya sebelum waktu habis.

Ada beberapa hal positif. Tiket di bagian United hanya akan berharga €40 berkat UEFA yang mendengarkan kelompok pendukung seperti Football Supporters Europe (FSE) dan menerapkan perubahan tersebut. Harganya akan turun menjadi €35 untuk Liga Europa dan €50 untuk Liga Champions musim depan. Penggemar United sering dikenakan biaya antara €75 dan €119 pada perjalanan sebelumnya ke Iberia.

Permainannya juga tidak buruk – setidaknya untuk pemain netral. Bukan berarti salah satu penggemar tur akan digambarkan seperti itu.

Banyaknya awan di Porto mungkin memiliki hikmah bagi para penggemar yang melewatkannya. Meskipun tidak ada satu pun penggemar yang akan menonton pertandingan ini, belum ada kemenangan di Eropa – meskipun Harry Maguire memastikan kemenangan itu tidak sepenuhnya bersih.

(Foto teratas: Zohaib Alam – MUFC/Manchester United via Getty Images)